Haruki Murakami 10/06/2016 – Posted in: Penulis

Haruki Murakami lahir di Kyoto, Jepang, pada tahun 1949. Dia dibesarkan di Kobe dan kemudian pindah ke Tokyo, di mana dia kuliah di Universitas Waseda. Setelah kuliah, Murakami membuka jazz bar kecil, yang ia dan istrinya jalani selama tujuh tahun.

Novel pertamanya, Hear the Wind Sing, memenangkan Gunzou Literature Prize untuk pemula penulis pada tahun 1979. Dia mengikuti keberhasilan ini dengan dua sekuel, Pinball, 1973 dan A Sheep Chase liar, yang bersama-sama membentuk “The Trilogy of the Rat.”

Murakami juga penulis novel Hard-Boiled Wonderland and the End of the World; Norwegian Wood; Dance Dance Dance; South of the Border, West of the Sun; The Wind-Up Bird Chronicle; Sputnik Sweetheart; Kafka on the Shore; After Dark; 1Q84; dan Colorless Tsukuru Tazaki and His Years of Pilgrimage. Ia juga menulis tiga cerita pendek: The Elephant Vanishes; After the Quake; and Blind Willow, Sleeping Woman; dan sebuah novel bergambar The Strange Library.
Selain itu, Murakami telah menulis beberapa karya nonfiksi. Setelah gempa Hanshin dan serangan gas sarin kereta bawah tanah Tokyo pada tahun 1995, ia mewawancarai korban yang masih hidup, serta anggota sekte agama yang bertanggung jawab. Dari wawancara ini, ia menerbitkan dua buku nonfiksi di Jepang, Underground. Dia juga menulis serangkaian esai pribadi tentang hobi larinya, berjudul What I Talk About When I Talk About Running.

Karya Murakami telah diterjemahkan ke dalam lebih dari lima puluh bahasa.